Tour Murah di Amerika

Tour Murah di Amerika
Capitol Hill, Washington DC

Tour Murah di Amerika

October 2014 saya keliling US East Coast (New York, Philadelphia, Washington DC, Niagara, Boston) selama 6 hari 5 malam dengan ikut tour murah di Amerika cuma seharga USD 204 saja per orang (diluar guide tips USD 6 per hari) dengan fasilitas transport dan hotel2 bintang 4 (sekamar ber 4 – buy 2 get 2 free), padahal jika kita cek harga hotel2 tersebut per malamnya berkisar USD 190-210 (untuk 1 kamar 4 orang)  maka tour ini murah bukan?

Tour murah di Amerika yang banyak dipakai, setahu saya ada 2:

  • Tours4fun (ini yang saya pilih), www.tours4fun.com
  • Taketour, www.taketours.com

2 agen diatas tersebut bukan lah penyelenggara tour / operatur tour tapi hanya sebagai agen penjual saja. Operator turnya adalah tour agent lain karena itu jumlah tour mereka banyak sekali dan persyaratan masing2 tour berbeda 1 sama lain karena operatornya berbeda. Biasanya kita tahu tour operatornya siapa itu saat tour berlangsung, misalnya saat mengisi form evaluasi disitu tertulis nama tour operatornya. Waktu itu saya dapat Peony Tour, sepulang dari Amerika saya cek ke website Peony Tour ternyata tidak ada paket yang sama dengan yang saya ambil di Tours4fun, paket yang mirip-mirip ada tapi harganya lebih mahal.

Apa saja yang kita dapatkan?

  • Hotel, jika budget tour hotel2 bintang 3 sedangkan deluxe tour hotel2 bintang 4, waktu itu saya dapat promo deluxe tour seharga budget tour
  • Transportasi dengan bus
  • Guide

Tiket masuk / optional tour dan makan

Untuk tiket masuk dan makan semuanya tidak termasuk. Tiket masuk tentunya cuma bayar kalo kita masuk saja, jadi oleh tour operatornya kita disodor’in daftar optional tour (obyek wisata yg memerlukan tiket masuk/aktivitas dengan biaya tambahan), kita tinggal pilih mau yang mana dan kita bayar ke tour guide nya. Kadang harga tiket masuk tersebut lebih murah daripada kalo kita beli sendiri contohnya US Intrepid Sea, Air and Space Museum hanya seharga USD 20 sedangkan kalo kita beli sendiri USD 24.

Untuk makan biasanya kita dikasih waktu makan saat mengunjungi salah satu obyek wisata. Untuk makan malam beberapa kali diajak ke all u can eat murah seharga USD 12-15, mengingat sekali makan dengan minum sekitar USD 10 maka all u can eat itu terlihat murah sekali dengan variasi menu yang sangat banyak. Kalo kita datang tanpa tour maka harganya lebih mahal USD 2-3.

Hotel

Untuk hotel biasanya terletak di pinggir / diluar kota jadi disekitar hotel tidak ada apa2, satu2nya hotel yang ditengah kota waktu itu adalah Quality Inn & Suites At The Falls yang berjarak 10 menit jalan kaki ke Niagara Falls. 1 kamar bisa diisi 4 orang tentunya harga termurah jika 1 kamar ber-4, tempat tidur 2 x full size bed, mungkin kita tidak familiar dengan full size bed, biasa nya ukuran single / queen / king. Full size bed ini berukuran 140x200cm jadi 1 bed cukup buat 2 orang Asia ukuran normal.

Double tree by Hilton, Newark, New Jersey
Double tree by Hilton, Newark, New Jersey
Double tree by Hilton, Newark, New Jersey
Double tree by Hilton, Newark, New Jersey
Holiday Inn, Washington DC
Holiday Inn, Washington DC
Holiday Inn, Washington DC
Holiday Inn, Washington DC
Holiday Inn, Washington DC
Holiday Inn, Washington DC
Holiday Inn, Washington DC
Holiday Inn, Washington DC

Saat tour berlangsung jangan ngaret / telat

Tour diadakan dalam 2 bahasa yaitu Inggris dan Mandarin, peserta tour mix sebagian besar Chinese dan Chinese KW (orang keturunan China yang tidak bisa berbahasa Mandarin, yah kita lah maksudnya hi hi). Peserta bule juga lumayan cuma emang peserta tour didominasi oleh Chinese dan Chinese KW he he. Hati-hati jangan ngaret loh, tour guidenya cuma mau nunggu 15 menit dari jadwal yang ditetapkan setelah itu ditinggal. Waktu itu bule2 dari Ukraine (pecahan Uni Soviet) 2x ditinggal, saat di Empire State Building dan di Boston. Rupanya mereka belum kapok ditinggal pertama sehingga terulang lagi. Mereka terpaksa menyusul bus nya dengan naik taxi dengan biaya yang tidak sedikit, bahkan di Boston habis USD 100 buat menyusul bus dengan taxi.

Kekurangan ikut tour adalah waktu di obyek wisata terbatas, misalnya saat di Empire State Building cuma dikasih waktu 30-45 menit sedangkan kalo pergi mandiri mungkin bisa 1 jam lebih sambil nyantai2 gitu. Kalo puasnya memang lebih puas jalan mandiri, tapi dengan harga USD 204 kita keliling US east coast itu cuma bisa dapat hostel2 dengan kamar dorm, bahkan ditambah biaya transportasi mungkin saja USD 204 itu tidak cukup sekalipun udah di hostel kamar dorm.

Denda dan Penalti

Perhatikan denda dan penalti masing-masing tour murah di Amerika berbeda-beda tergantung operatornya, ada yang mengenakan denda jika misalnya kita tidak mengikuti suatu itinerary, kebetulan Peony tour tidak mengenakan denda. Waktu itu kita tidak ikut masuk ke Metropolitan Art Museum New York (MET) dengan harga tiket masuk USD 25. Sebenarnya MET tidak tulis USD 25 itu harga tiket masuk tapi suggested donation (donasi yang disarankan), jadi kita masuk MET sendiri dengan bayar USD 1 saja. Trus temanku yang tinggal di New York ngomel2 lewat WhatsApps “elo jangan bikin malu Indonesia yah, masak masuk MET yang bagus banget itu cuma bayar USD 1, paling tidak bayar USD 5 gitu loh” Yee kita udah masuk juga gitu loh xixixi..

Untuk “no show” Tours4fun mengenakan denda USD 100. Jadi misalnya kita book ber2 trus teman kita gak jadi ikut maka kena denda USD 100 jadi rugi double, udah uang tour hangus masih plus denda USD 100 pula

Lady Liberty
Lady Liberty
White House
White House
Corning Glass Museum
Corning Glass Museum

17 thoughts on “Tour Murah di Amerika

  1. Permisi Mas, mau nanya total biaya nya selama stay di US include meal n ticket pp jadi berapa? Mohon info. Tks

  2. Pak, sy rencana mau ikut tur east coast di musim lebaran nanti,tp saya belum aply visa, saya baru ke SG, KL dan Bangkok, kira kira apakah visa USA nya bisa dapat ga ya?

  3. Wih kayaknya seru nih jalan2 ke US gak mahal2 amat boleh minta no contact yg bisa di hubungin ? Plan next year mau ke us

  4. Mas mau manya kalo utk masalah visa. Mas apply utk brp lama? Lalu apakah kita dapat itinerary dr tour yg bs kita pakai buat apply visa? Krn kalo sy pertimbangkan perlu sebulanan baru bs puas utk jalan2 d US. Tapi kalo pas apply Visa ke US kt bilang mau stay di sana utk sebulan kan cukup lama. Mungkin kita perlu siapin itinerarynya? Gmn dl menurut pengalaman mas?

    1. Apply sesuai itin tapi dikasihnya tetap multiple 5 tahun
      Bisa pakai itin nya tour
      Sekali masuk US biasanya dikasih stay max 6 bln

      1. Oh ya mas Kalo kt pergi sendiri tanpa undangan. Pas apply visa kita harus punya asuransi perjalanan juga walaupun kita uda punya asuransi pribadi ya mas? Ada saran ga pake asuransi apa? Dan amannya mas di rekening kita ada saldo berapa ya untuk kita stay 1 bulan. Makasih sebelumnya mas, maaf ngerepotin karena masih awam banget hehehe…

Comments are closed.