Pilihan Transportasi Murah di Eropa

Pilihan Transportasi Murah di Eropa

Pilihan Transportasi Murah di Eropa

Pilihan transportasi murah di Eropa, yaitu awalnya pada saat saya dan teman2 memutuskan membeli tiket promo Etihad ke Eropa. Berikut perincian harga tiket pesawat murah kita ke Eropa:

  • AirAsia SUB-KUL = 200rb
  • Etihad KUL-AMS + FCO-CGK = 6,8jt (MYR 1,874 Kuala Lumpur – Amsterdam + Roma – Jakarta)
  • Batik Air CGK – SUB = 530rb

Total 7,53 juta saja! Sebenarnya saya hendak menggunakan tiket reward Garuda Indonesia untuk penerbangan Jakarta – Surabaya. Berhubung harga penerbangan jam yang sesuai lumayan mahal yaitu 800rb, saya jadi sungkan dengan teman saya dan memutuskan membeli tiket Batik Air saja yang juga merupakan full service airline. Kebetulan belum pernah naik Batik Air dan harganya terpaut sedikit dengan Citilink/Lion yang merupakan budget airline sekitar 20-25rb saja.

Step by Step Jalan Mandiri #TurisKere

  • Langkah pertama menyusun itinerary adalah menentukan negara2/kota2 yang akan kita tuju
  • Kedua menentukan pilihan transportasi murah di Eropa antara negara / kota (bus, kereta, pesawat). Jika kita terlebih dulu menentukan kota2 tujuan dan bukan tujuan standar (non mainstream) maka kemungkinan besar transportasi yang cocok adalah kereta.
  • Jika ingin menggunakan bus seperti Megabus atau lainnya maka pelajari dulu rute yang tersedia baru menyesuaikan dengan negara/kota tujuan

Kereta

+ Kelebihan: jadwal keberangkatan banyak sehingga kita bisa lebih fleksibel, stasiun kereta berada ditengah kota, tempat duduk lega dan kita bisa lebih rileks (bisa mondar mandir di dalam kereta), beberapa kereta ada fasilitas free wifi dan colokan listrik

– Kekurangan: harga tiketnya relatif lebih mahal dibandingkan bus dan budget airline

Bus

+ Kelebihan: harga tiketnya murah

– Kekurangan: kebanyakan terminalnya di pinggir kota, keberangkatannya sedikit

Pesawat

+ Kelebihan: cepat sampai ditujuan

– Kekurangan: Bandara biasanya jauh diluar kota, bahkan budget airline sering menggunakan bandara di kota sekitar (kota kecil) sehingga lebih jauh lagi, harus menyediakan waktu untuk check-in

Akhirnya diputuskan pilihan transportasi murah di Eropa menggunakan transportasi kereta. Karena waktu travelling kita lumayan lama yaitu 16 hari, sehingga memilih moda transportasi yang flexible dan tidak capek. Langkah selanjutnya adalah menggunakan Eurail Global Pass atau beli tiket point to point.

Eurail Global Pass atau Point to Point ticket?

Untuk memutuskan hal ini, saya menghitung semua tiket kereta point to point menggunakan website kereta masing-masing negara dan ternyata totalnya lebih mahal padahal itu yg kelas 2. Sedangkan Eurail Global Pass kita dapat yang kelas 1 (karena diatas umur 25th maka tidak bisa beli Eurail Global Pass kelas 2). Jika sama-sama dibandingkan kelas 1 antara tiket point to point vs Eurail Global Pass maka tiket point to point lebih mahal 2x lipat. Karena menggunakan moda kereta maka kita memilih akomodasi yg dekat dengan stasiun kereta.

Itinerary ala #TurisKere dapat dibaca di: Itinerary Liburan Murah ke Eropa Oktober 2015

2 thoughts on “Pilihan Transportasi Murah di Eropa

Comments are closed.