Kisah Sang Turis Kere tertipu Cinque Terre, Italia

Pagi itu selesai sarapan pagi di McD yg berada dibawah hostel, kita segera menuju stasiun kereta utama Milan yang terletak diseberang hostel Il Giramondo. Kereta yang kita tumpangi adalah IC 1533 berangkat dari Central Milano jam 08.10 dan kita tiba di Monterosso sekitar jam 11. Cinque Terre adalah suatu daerah pantai di Riviera Italia yang terdiri dari 5 desa yaitu  Monterosso al Mare, Vernazza, Corniglia, Manarola dan Riomaggiore. Tersedia jalur trekking untuk mengunjungi 5 desa ini selain tentunya kita bisa naik kereta jika tidak mempunyai banyak waktu seperti kita. Sebenarnya lebih baik menginap 1 malam disini tapi sayang harga akomodasi disini mahal2 sehingga kita memutuskan day trip saja. Dari ke 5 desa tersebut Monterosso al Mare adalah desa terbesar sedangkan yang sering kita lihat foto2nya di internet adalah Manarola dan Vernazza.

Manarola

Ke 5 desa Cinque Terre terhubung dengan jalur trekking tapi jika waktu kita terbatas, maka kita bisa naik kereta dan berhubung kita ada Eurail Global Pass maka kita tidak perlu membeli tiket lagi. Karena kita tiba di Monterosso maka kita menjelajah desa ini tapi ternyata bukan yang seperti kebanyakan foto2 di internet. Kita menuju tourist information center dimana petugas menjelaskan bahwa foto2 di internet itu kebanyakan desa Manarola dan Vernazza. Kita makan siang dulu di Monterosso sebelum melanjutkan perjalanan dengan kereta ke Vernazza dan Manarola, karena kita mempunyai Eurail Pass maka kita tidak perlu membeli tiket kereta. Jika tidak mempunyai Eurail Pass tentu kita harus membeli tiket kereta atau membeli Cinque Terre Card Train yang bisa unlimited train ride diantara ke 5 desa.

Monterosso

Vernazza cukup menarik  untuk dijelejahi, disini kita membeli gelato yang merupakan es krim khas Italia. Dari Vernazza kita bisa naik boat ke Manarola tapi berhubung kita mempunyai Eurail Pass maka kita memilih naik kereta. Sesampai di Manarola kita langsung menuju spot yang seperti di foto2 internet tapi kita tidak sampai atas karena sudah kelelahan menjelajah 2 desa sebelumnya. Sebenarnya spot foto2 seperti di internet tidak terlalu tinggi tempatnya tapi karena kelelahan kita tidak sampai atas. Sebaiknya menginap 1 malam di Cinque Terre tapi penginapan disini mahal2 . Setelah puas foto2 kita kembali ke Monterosso untuk kereta kita ke Milan. Karena masih ada waktu 1,5 jam sebelum kereta kita tiba maka kita memutuskan menjelajah Monterosso lebih lanjut dan memang desa ini jauh lebih besar dibandingkan Vernazza dan Manarola.

Manarola

Tiba lah saatnya kita kembali ke Milan setelah puas menjelajah Cinque Terre yg foto2 nya banyak kita lihat di internet seperti diatas. Tidak kita tertipu dengan foto2 di internet yg telah diedit sehingga warna rumah2 di Cinque Terre terlihat cerah, aslinya kusam. Foto2 diatas telah diedit dengan bantuan Andy Kristono, foto yg belum diedit seperti dibawah ini. Tentu kita sedikit kecewa karena Cinque Terre tidak seperti bayangan kita saat melihat foto2 di internet walaupun sebenarnya sangat menarik untuk dikunjungi. Harapan yg berlebihan lah yg membuat kita sedikit kecewa. Tapi Cinque Terre tetap sangat layak untuk dikunjungi hanya saja jangan mengharapkan view seperti yg di internet2