Itinerary Liburan Murah ke Turki 11 hari

Berbekal tiket Qatar Airways 5,3jt (KUL-IST-DPS) maka pergilah kita ber-5 ke Turki 5-16 April 2015 (untuk SUB-KUL dengan AirAsia 600rb sedangkan DPS-SUB dengan tiket reward Garuda Airways 105rb, hasil claim GA miles). Berikut itinerary Liburan Murah ke Turki selama 11 hari, dari hari ke hari..

Sabtu, 4 April Surabaya – Kuala Lumpur

Dengan maskapai AirAsia kami menuju KLIA2, karena Qatar beroperasi dari KLIA maka kami naik airport express train seharga RM 2 dari KLIA2 ke KLIA

Minggu, 5 April Kuala Lumpur – Doha – Istanbul

Memulai perjalanan ke Istanbul dengan Qatar Airways, dalam perjalanan kami transit di Doha. Sengaja memilih lanjutan penerbangan yang beda 6 jam demi ikut Doha city tour yang disediakan oleh Qatar Airways. City tour ini gratis dan tidak membutuhkan visa. Kita tidak bisa reservasi dulu lewat internet, tapi langsung daftar ke konter city tour begitu sampai di Hamad International Airport, Doha. Informasi tentang free city tour ini bisa dibaca di: http://www.qatarairways.com/global/en/offers/doha-city-tour.page

Malam hari, sampai lah kita di Istanbul Ataurk International Airport (IST), Istanbul mempunyai 2 airport IST dan SAW (Istanbul Sabiha Gokcen International Airport). SAW terletak lebih jauh dari pusat kota sekitar 1,5 jam perjalanan dan tidak ada akses metro sehingga pilihannya adalah bus atau taxi. Setelah lewat imigrasi dan ambil koper, kita tukar uang Euro ke Lira secukupnya untuk biaya transportasi ke penginapan kami di Sultanahmet yg merupakan daerah historis Istanbul. Kurs money changer lebih bagus di Sultanahmet/Grand Bazaar, jadi tukar secukupnya saja di IST. Kami menuju stasiun metro di IST dan membeli Istanbulkart seharga 10 TL (seperti kartu EZ-Link di Singapore ataupun Octopus di Hong Kong). Dengan menggunakan metro disambung dengan tram kami menuju Sultanahmet, setelah tukar uang lagi dan makan malam, kami berjalan kaki menuju Sultan Hostel melewati Blue Mosque

Free Doha City Tour
Istanbulkart

Senin, 6 April Istanbul – Bursa

Pagi2 kita berangkat ke Bursa dengan naik tram dari halte Sultanahmet ke halte Kabatas. Sesampainya kita sarapan ringan dulu dengan beli roti simit, khas Turki di pinggir jalan (ya iya lah kalo di tengah jalan ntar ditabrak truk gandeng). Setelah itu kita beli tiket ferry ke Bursa seharga 22 TL, sesampai di Bursa naik bus 3F ke Teleferik (cable car) seharga 8 TL. Bus 3F ini hanya datang saat ferry datang jadi jangan sibuk beli makanan dulu kayak kita akhirnya terpaksa menunggu bus 3F berikutnya 2 jam kemudian!!!

Dengan cable car seharga 30 TL kita menuju Uludag Ski Resort, disini kita bisa main salju, ski ataupun sewa snow mobile. Sebelum ke Bursa/Uludag Ski Resort pastikan saat pergi masih ada salju, kalo tidak ada lebih baik diskip saja. Salju biasanya December – awal April

Sorenya dengan bus no 94 kita menuju terminal bus Bursa dan beli tiket bus Kamil Koc menuju Izmir seharga 40 TL

Uludag Ski Resort

Selasa, 7 April Alacati – Cesme – Izmir – Selcuk

Pagi2 kita sampai di terminal bus Izmir, kemudian sambung ke Alacati dengan naik bus Cesme Sehayat seharga 15 TL. Sesampai di Alacati masih banyak toko2 dan restaurant2 yang belum buka karena masih jam 8 pagi. Kita sarapan di salah satu restauran yg buka dan menitipkan koper di restaurant tersebut. Setelah itu kita jalan kaki mengeliling desa sambil foto2 kurang lebih 2-3 jam.

Kemudian kita ke Cesme dengan naik dolmus seharga 3,5 TL saja (dolmus semacam angkot, kebanyakan pakai Mercedes). Di terminal bus Cesme kita beli tiket bus ke Izmir kemudian menitipkan koper ke tempat penjualan tiket bus dan selanjutnya kita jalan kaki menuju Cesme Castle, tiket masuk 8 TL. Setelah puas foto2 di Cesme Castle dan dermaga, maka kita kembali ke terminal bus untuk naik bus ke Izmir, sesampai di Izmir maka lanjut ke Selcuk dengan naik dolmus seharga 10 TL. Di Selcuk kita menginap di Tuncay Pension

Alacati Village
View from Cesme Castle

Rabu, 8 April Selcuk

Selesai sarapan, kita bergegas menuju terminal bus Selcuk yang berjarak sekitar 10-15 menit jalan kaki dari Tuncay Pension. Dari terminal bus kita naik dolmus menuju Ephesus seharga 2,5TL. Tiket masuk Ephesus 30TL. Setelah puas menjelejah reruntuhan Ephesus maka kita melanjutkan perjalanan ke House of Virgin Mary karena tidak ada transportasi umum menuju House of Virgin Mary kita nego taxi seharga 100 TL untuk ke House of Virgin Mary dan taxi menunggu kita dan mengantarkan ke terminal bus Selcuk, dibagi ber5 jadi seorang 2 0TL sedangkan tiket masuk House of Virgin Mary 20 TL

Sore hari kita sampai di bus terminal Selcuk dan kita naik dolmus menuju Sirince Village seharga 3 TL. Di Sirince kita jalan kaki menjelajah desa kecil ini

Ephesus
House of Virgin Mary
Sirince Village

Kamis, 9 April Selcuk – Denizli – Pamukkale

Pagi hari kita naik kereta ke Denizli, jarak stasiun kereta dari Tuncay Pension sekitar 15 menit jalan kaki. Tiket kereta 16 TL lebih murah dibandingkan naik bus sekitar 30-35 TL. Sesampai di stasiun kereta Denizli maka kita menuju terminal bus yg hanya berjarak 5 menit jalan kaki. Kita membeli dulu tiket bus malam Metro Turizm ke Goreme seharga 50 TL setelah itu kita menitipkan koper di tempat penitipan seharga 5 TL kemudian makan siang dulu dan sesudahnya naik dolmus menuju Pamukkale seharga 3,5TL

Sesampai di Pamukkale kita ditawari agen travel buat green tour 90 TL dan hot air ballon 90 EUR karena harganya lebih murah drpd harga yang ditawarkan hostel kita di Goreme maka kita mengambil deal ini. Agen ini pula yang menjelaskan agar kita lanjut naik dolmus ke pintu utara Pamukkale kemudian kita jalan kaki keluar gate kota dengan cara ini kita cuma sekali jalan kaki bukan pp jalan kaki. Sesampai di pintu utara kita beli tiket masuk seharga 25 TL dan kita naik dolmus lagi di dalam Pamukkale ini untuk menuju Hierapolis, ancient pool sebenarnya bisa jalan kaki santai sekitar 1,6km tapi karena gerimis kita putuskan naik dolmus seharga 2 TL saja.

Nah untuk menuju gate kota tentu saja kita harus melewati kolam air traventine yang menjadi daya tarik utama Pamukkale tanpa alas kaki (jadi jangan lupa bawa tas plastik buat sandal/sepatu kita). Tekstur tanah/batu nya tidak rata/mulus tapi berserat jadi perjuangan yg lumayan berat bagi saya yang telapak kaki nya sensitif, setelah melewati kolam air traventine dengan berjalan kaki tanpa alas sekitar 30 menit, telapak kaki saya merah-merah dan biru-biru lebam

Malam hari dimulai perjalanan panjang menuju Goreme

Pamukkale

Jumat, 10 April Goreme

Sekitar pukul 6 kita tiba di terimal bus Goreme, sempat melihat balon balon udara berterbangan, merah, kuning, hijau … meletus balon hijau dar … Sebenarnya The Dorm Cave hanya berjarak 10 menit jalan kaki, tapi karena capek perjalanan panjang dengan bus plus males geret2 koper. Maka kita menuju information center terminal bus untuk minta tolong ditelponkan ke The Dorm Cave agar menjemput kita, biaya telpon nya gratis begitu juga biaya penjemputan juga gratis.

Meskipun baru jam 7 tapi kita boleh langsung masuk kamar. Setelah mandi dan sarapan, kita menunggu jemputan Green Tour ketika menunggu itu lah turun hujan salju, disaat teman2 keasyikan berfoto2 dengan salju, saya curiga besok balon udara tidak terbang karena cuaca jelek. Ternyata benar selama 3 hari kita di Goreme, balon udara tidak terbang, apes benar sehingga kita minta refund untuk yang balon udara

Tak lama kemudian jemputan Green Tour datang. Green tour ini mengunjungi tempat2 diluar kota sehingga jika kita lakukan sendiri memakan waktu lebih lama dan ongkos transport yang juga tidak murah. Tempat2 yang dikunjungi antara lain:  Derinkuyu Underground City, Ihlara Valley hike, Selime Monastery, Pigeon Valley, Göreme Panorama

Selime Monastery
Derinkuyu Underground City
Göreme Panorama

Sabtu, 11 April Goreme

Karena balon udara tidak terbang, kita jalan2 santai saja di Goreme. Pertama kita mengunjungi Goreme Open Air Museum dengan berjalan kaki sekitar 2km dari The Dorm Cave, jalan nya sambil berfoto2 jadi agak lama. Tiket Open Air Museum 20 TL, tempatnya luas sekali, kita menghabiskan waktu sekitar 3-4 jam disini.

Goreme Open Air Museum

Minggu, 12 April Urgup

Karena balon udara kembali tidak terbang, maka kita memutuskan ke Urgup yang merupakan tempat turis kedua setelah Goreme dengan naik dolmus seharga 3 TL sekali jalan. Kita menghabiskan waktu dengan jalan kaki menjelajah kota Urgup dan juga ke Wish Hill yaitu tempat untuk melihat panorama kota Urgup dari ketinggian

Urgup

Senin, 13 April Goreme – Istanbul

Lagi2 balon udara tidak terbang karena cuaca buruk padahal ini hari terakhir kita di Goreme maka hari ini kita mengurus refund balon udara dan shopping2 di Goreme, ternyata shopping di Goreme lebih murah daripada di Istanbul, apalagi Grand Bazaar Istanbul mahal abis. Cuma macam barang memang lebih banyak di Istanbul

Sore hari tiba lah saatnya kita terbang ke Istanbul menggunakan Pegasus Air cuma seharga 42 TL (kurang dari 250rb). Kita memesan shuttle dari The Dorm Cave ke Kayseri airport seharga 25 TL. Kayseri airport ini lumayan jauh dari Goreme sekitar 75km atau 1 jam perjalanan

Malam hari kita tiba di Sabiha Gokcen International Airport (SAW), bandara SAW ini tidak semegah IST dan lokasinya jauh dari Sultanahmet serta tidak ada akses metro, jadi kita menuju Sultanahmet dengan menggunakan bus Havatas ke Taksim seharga 14 TL disambung taxi ke Orient Hostel di Sultanahmet seharga 24 TL seorang (urunan 2 taxi dibagi 5 orang). Alternatif lain bisa menggunakan airport shuttle,  websitenya di sini: http://www.sabihagokcenairportshuttle.com. Tour lain yang menyediakan airport shuttle, yaitu Efendi Travel: http://www.efenditravel.com

Selasa, 14 April Istanbul

Hari ini kita naik Bosphorus Ferry yang sering digunakan warga lokal, tentunya dengan harga jauh lebih murah dari Bosphorus Cruise untuk turis. Berangkat dari dermaga Eminonu persis jam 10.30, kita menuju ke dermaga paling ujung di benua Asia Turki, yaitu dermaga Anadolu Kavagi, yang merupakan pemberhentian terakhir sebelum cruise balik ke dermaga Eminonu. Tiket ferry paling murah dapat anda dapatkan di kantor ferry  yang terletak di paling kiri bernama Bogaz Iskelesi seharga 15 TL, apabila anda menyeberang jalan dari trem Eminonu. Dalam perjalanan kita akan berhenti di beberapa dermaga, dan melewati 2 jembatan besar, salah satunya yaitu jembatan terkenal, yaitu Bosphorus Bridge. Setelah sampai kita jalan kaki keliling di dermaga ferry Anadolu Kavagi, naik ke puncak bukit di mana terdapat reruntuhan castle dan makan siang sebentar di sini.

Dari Anadolu Kavagi, kita menyeberang naik ferry kapal kecil menuju ke Sariyen, harga cukup murah hanya 2,5 Lira dengan menggesek kartu Istanbulkart. Di Sariyen, kita naik bus 25E, jangan lupa halte bus berada di seberang jalan sebelah kanan, jadi kita harus menyeberang jalan dahulu, jalan kaki sedikit menuju ke arah kanan, dan menunggu bus 25E untuk menuju ke Emirgan Park. Rute selanjutnya kita akan mampir ke Emirgan Park (gratis), yang penuh dengan bunga tulip di bulan April. Hampir di semua sudut kota Istanbul akan ada tulip, tapi di Emirgan Park ini merupakan salah satu tempat tulip terbanyak.

Emirgan Park

Rabu, 15 April Istanbul

Pagi ini kita berjalan kaki dari Orient Hostel menuju Topkapi Palace yang harga tiket masuknya 30 TL. Kemudian dilanjutkan dengan naik tram ke Grand Bazaar yang ternyata harganya mahal2, lebih murah beli di toko2 diluarnya Grand Bazaar drpd yg didalam. Selesai shopping kita menuju Blue Mosque (gratis)

Topkapi Palace
Blue Mosque

Kamis, 16 April Istanbul – Doha – Bali

Pagi hari kita packing barang2 kita, setelah selesai kita menuju Hagia Sophia dengan berjalan kaki dari Orient Hostel, tiket masuk Hagia Sophia 30 TL. Hagia Sophia ini unik karena awalnya adalah gereja kemudian menjadi masjid dan sekarang museum. Di dalam Hagia Sophia kita bisa melihat simbol2 kristen berdampingan dg muslim.

Siang hari kita kembali ke Orient Hostel untuk check out dan menunggu jemputan airport shuttle yg kita pesan lewat Orient Hostel. Sore hari dimulai lah perjalanan panjang ke Indonesia. Selesai sudah itinerary liburan murah ke Turki kita selama 11 hari 🙂

Itinerary Liburan Murah ke Turki selama 11 hari
Sophia Hagia

93 thoughts on “Itinerary Liburan Murah ke Turki 11 hari

1. Harusnya April cuma sisa2 salju yg belom mencair tapi taon lalu anomali cuaca jadi April masih turun salju. Kurang paham yg dimaksud child friendly itu gimana, coba tanya Andy / Linda yg punya anak kecil hehehe

1. Slmt malam
    Pak ..mohon maaf apa disini kita bs joint apabila ada next trip 2016 ini ke america?.trims sblmnya regards

2. Semua 12 juta ?? Harga tiket pesawat pp brp? Promo kah? Bermalam di hostel, brp rentangnya harga bermalam hostel? Trims infonya. Saya rencana Des 2016 atau Jan 2017 ke Turki.

1. Yap udah semuanya itu 12jt. Tiket pesawat Qatar Airways KUL-IST-DPS 5,3jt + AirAsia SUB-KUL 600rb + Garuda Indonesia DPS-SUB 105rb (klaim tiket rewards dr GA miles). Hostel yg kamar asrama murah sekitar EUR 9-10

1. 12jt itu total biaya saya sendiri semuanya dr pesawat, hotel, makan, visa, bus, beli souvenir, dll

1. Sir saya mau tanya untuk ticket kesana nya itu harus keep on eye di internet untuk dapat harga tiket segitu atau memang harga normal di hari atau bulan tersebut yaa…terimakasih

3. Terimakasih utk berbagi ceritanya.
    Ingin banget bisa gabung bila ada trip lagi seperti ini. Dari thn kemaren cari travel mate tp blm ada yg sreg dng itinerary nya…
    Setelah baca perjalanan turky ini luar biasa bngt…
    Mohon bisa di share info cp
    Trmksh

4. Terimakasih utk berbagi ceritanya.
    Setelah baca perjalanan turky ini luar biasa bngt…
    Mohon bisa di share info cp
    Trmksh

1. Aku biasa dapat info dr teman2 di group jalan2. Kalo dapat info, aku langsung beli. Gak pake lama hehehe

5. Selamat malam
    Mau tanya donk…sulit ga ngurus visa Turki nya?….harus pake rek koran jugakah?
    Btw, saya add fb nya ya pak..

6. mau nanya dong mas, tiket ke Alacati pake Casme Seyahat itu 30TL atau 15TL ya? dari Izmir Otogar gak ya?
    Alacati worth it gak untuk dikunjungi?
    thanks 🙂

1. Harga tiket bus Cesme Sehayat ke Alacati 30TL sesuai catatan harga2 teman seperjalanan
      Worth it buat dikunjungi 🙂

7. Keren bro.. sangat bermanfaat.
    Btw adakah yg punya rencana jln2 ke turki thn ini? Sy rencana mau brgkt awal november . Disana sdh ada temen yg siap jd guide, skrg lagi cari travelmate nih biar rame 🙂

8. Hallo mas, sy rencana bln dpn k Turki, mw tanya ne, utk hotel sebaikny d daerah mana yg strategis klo d Istanbul? Klo Taksim gmn? Trus ad rincian biaya yg detail g slama 11 hari itu, selain tiket dan hotel, misalny tiket bus/kereta/metro/tiket masuk objek wisatanya. Mohon djwb y mas. Tq

9. Satu lg mas, sy jg pesan hostel d dorm cave,
    Tp sy k goreme dr Kayseri airport, apakah hostel menyediakn shuttel airport k hostel? Trus biayany brp /org?

10. Mas aiman saya juga punya teman di turki cuma dsrh beli tiket aja. Disana gratis semuam.wah ogn bgt ke turki thn ini..

11. Bro…info tiket pesawat kayseri ke sabiha dapat 40TL pesan dimana? Tolong info agen yg nawarin hot balon 90 euro donk…makasih bro

12. Wait, Seriously 12m? Tiket berapa ya two-way? karena saya cek di OTA harganya malah 12m pulang-pergi. Ada tips ngak beli tiketnya berapa hari sblm keberangkatan?

Big thanks!

1. Yg 2015 dapat 5,3jt KUL-IST-DPS by Qatar Airways. Tahun depan dapat 3,5jt KUL-IST pp. Tips nya beli dg keberangkatan KUL, kalo CGK mahal

1. Seriously???!!! How could you get THAT PRICE??
        I see, brgkt dr Malaysia is way cheaper…itu bookingnya d …websitenya qatar airways ato? I mean, tbh ya, I sought in many onlines dan harganya gak ada yang masuk segitu.

Big thanks

1. Iya berangkat dr KUL lebih murah. Bahkan untuk April 2017 saya dapat 3,53jt Kuala Lumpur – Istanbul pp

13. mas mau tanya biasanya pesan tiket online nya dimana yang banyak menawarkan promo, dan kita beli visa kalau sudah sampai bandara turki, saya rencana mau ke adana turki, makasih

1. Saya biasa langsung beli di websitenya maskapai ybs
      Untuk visa Turki saya pakai e-visa jadi udah bikin visa nya sebelum berangkat

14. Kalau dari SAW langsung ke bursa gimana ya ?
    Pas sampe di bursa, kan ada bis 3f.bis itu mengantar ketujuan mana ? Untuk ke uludag ny bagaimana?
    Karna saya rencana 1 hari saja di bursa utk maret’17 hanya ke uludag saja utk liat salju 😀
    Dari bursa apa ada metro langsung ke denizli/pamukalle keberangkatan malam ?

1. Dari SAW kamu ke Kabatas dulu sebaiknya naik airport shuttle biar praktis juga kemarin kita naik bus + taxi ternyata lebih mahal
      Beli tiket ferry di BUDO buat ke Bursa
      Naik bus 3F ke Telefrik (Cable Car)
      Dan naik cable car ke Uludag

Karena tujuan kita berikutnya Izmir jadi kurang tau info bus malam dr Bursa ke Denizli

15. sangat menarik dan sangat membantu sekali artikel nya.. boleh tanya ?
    saya lagi bingung nih, apa dari pamukalle dulu ke bursa atau istanbul dulu baru ke bursa..
    kalau dari pamukalle ke bursa gimana ya ? kira2 ada bis malam tidak ya dari pamukalle ke bursa ? dari terminal bursa menuju uludag bagaimana ?
    apa memungkinkan hanya ke uludag bursa bs trip 1 hari saja tanpa nginap. apa di bursa utk menuju kota selanjut nya tersedia bis malam ?
    atau kalau saya dari SAW menuju bursa gimana ya ? pas sampai di bursa, kan ada bis 3F, bis itu mengantar ketujuan mana ?
    ma’af banyak sekali pertanyaan nya ^_^

1. Bursa dekat dengan Istanbul
      Kalo dari Pamukalle ke Bursa kurang tau juga karena rute kita Istanbul ke Bursa
      Dari terminal Bursa naik bus ke Telefrik trus disambung cable car ke Uludag
      Memungkinkan untuk ke Uludag tanpa nginep, kita juga begitu

Dari SAW ke Kabatas dulu sebaiknya naik airport shuttle biar praktis juga kemarin kita naik bus + taxi ternyata lebih mahal
      Beli tiket ferry di BUDO buat ke Bursa
      Naik bus 3F ke Telefrik (Cable Car)
      Dan naik cable car ke Uludag

1. Tunggu promo biasanya aku dapat info dr group jalan2. April 2017 dapat KL-Istanbul pp cuma seharga 3,5 jt pake Qatar Airways

16. Trims banyak infonya.
    Btw,ada planning sekeluarga jalan ke turki di awal 2017 ini. Ngabisin cuti. Tapi belum prepare sama sekali. Kalo ada info yang bisa dibagi,ditunggu yach,,??!

17. Seneng banget liat blog ini membantu sekali, salam kenal saya rencana Nov 2017 ingin ke Turki karna ingin menghabiskan musim semi di sana. Tapi ternyata tiketnya lebih dari 4jt mas. Ingin sekali bisa dapet tiketnya promo seperti di blog ini. mau tanya saya ber2 bersama teman saya kami perempuan apakah aman jika kita backpackers ke sana ? Saya rencana mau ke Istanbul, ankara, antalya,copacabana.. Ada tips untuk kami ? Terimakasih.

18. salam kenal bang andreas..
    mohon info dong, waktu itu dari bursa ke izmir naik bis jam brapa.
    klo liat jadwal bis kamil koc paling malem jam 23.59..
    perjalanan bursa izmir brapa jam?
    itu kmrn sampe izmir jam brapa? masih gelap atau sdh agak terang.
    soalnya rombongan saya cewek semua.
    klo saya tunggu bis yg paling malem kira2 ada tempat tunggu tertutupnya gak di bursa otogar atau izmir otogar?
    Rencananya abis turun dari uludag pingin jalan2 liat kota bursa dulu sambil tunggu bis malem. Bisa gak ya..
    Mohon saran n petunjuk ya bang ..
    maacih

1. halo
      waktu itu kita naik bus jam 23an dari bursa dan sampai di izmir sekitar jam 5 pagi (masih gelap)
      terminal bus bursa dan izmir bangunan besar kok, banyak tempat tunggu dan toko2/depot2
      kemarin kita turun dari Uludag itu sekitar jam 17an trus perjalanan ke terminal bursa sekitar 1 jam jadi gak sempat ke kota. Tergantung kamu turun dari Uludag jam berapa