Itinerary Liburan Murah ke San Marino

Itinerary Liburan Murah ke San Marino

Halte bus Rimini - San Marino
Halte bus Rimini – San Marino
Itinerary Liburan Murah ke San Marino
Bus Rimini – San Marino

Itinerary Liburan Murah ke San Marino yang cukup singkat, hanya dalam sehari saja. Baru tau kalo ada negara San Marino tahun 2015 dan di tahun yang sama berkesempatan mengunjungi negara ini yang merupakan negara terkecil no 5 di dunia setelah Vatican, Monaco, Nauru dan Tuvalu. Sama seperti Vatican, San Marino ini adalah negara di dalam negara, dimana semua perbatasannya berbatasan hanya dengan 1 negara saja yaitu Italia. Luas San Marino sendiri hanya 61 km2 merupakan negara micro di Europe. Sebenarnya kita tidak perlu visa untuk ke San Marino karena tidak ada pemeriksaan imigrasi, tetapi karena kita harus melewati Italia untuk menuju San Marino maka otomatis pemegang paspor Indonesia memerlukan visa Schengen untuk masuk Italia. Mata uang yang digunakan negara ini adalah Euro.

Old Town
Old Town
Old Town
Old Town

Perjalanan dari Milan menuju Rimini dengan kereta ditempuh sekitar 3.5 jam, kita sampai di Rimini sekitar pukul 19 dan segera menuju Hotel Bamby, sebuah hotel bintang 3 (highly recommended), sebenarnya reservasi kita di Sunflower City Hostel tapi seminggu sebelumnya kita mendapat email pemberitahuan bahwa Sunflower City Hostel ada renovasi besar sehingga bookingan kita dipindahkan ke Hotel Bamby tanpa biaya tambahan, lumayan dapat hotel bintang 3 seharga hostel he he

Guaita Tower
Guaita Tower
View from Guaita Tower
View from Guaita Tower

Karena salah seorang teman kecapaian maka kita tidak bisa berangkat pagi2 ke San Marino akibatnya waktu menjelajah San Marino terasa kurang. Dapat dimaklumi karena pada saat ini kita sudah traveling selama 15 hari jadi wajar saja kalo kecapaian. Setelah sarapan pagi di hotel (buffet breakfast) sekitar jam 08.45 kita berjalan kaki menuju stasiun kereta Rimini, halte bus ke San Marino terletak diseberang stasiun kereta, kurang lebih sekitar 100m dari Burger King. Bus tiba di halte sekitar jam 9.25 dengan membayar 5 euro maka kita menuju San Marino kurang lebih selama 50 menit perjalanan.

Old Town
Old Town
Old Town
Old Town

Sesampai di San Marino kita berjalan kaki menjelajah negara ini yang kota tua nya terdaftar dalam warisan dunia UNESCO, kita juga mengunjungi salah 1 dari 3 tower benteng yaitu Guaitaa Tower dengan membayar sebesar 4,5 euro. Tak lupa mampir ke tourist information office untuk minta cap paspor dengan membayar sebesar 5 euro. Sekitar jam 14 maka kita bergegas menuju halte bus untuk kembali ke Rimini karena sore akan melanjutkan perjalanan ke Roma. Idealnya kita membutuhkan seharian (pagi-sore) untuk menjelajah San Marino ini sedangkan kita hanya punya waktu 3.5 jam saja, sangat kurang sekali.

Liberty statue and Town Hall
Liberty statue and Town Hall
Stamp
Stamp

 

 

 

 

 

 

 

 

Feature image is taken from https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/a/ac/Fortress_of_Guaita_2013-09-19.jpg