Itinerary Liburan Murah ke Lauterbrunnen dan Murren, Switzerland

Lauterbrunnen
Lauterbrunnen

Sekitar pukul 18.59 kereta kita sampai di stasiun Interlaken West. Kota Interlaken mempunyai 2 stasiun kereta yaitu West dan OST (East), stasiun kereta OST lebih besar. Kita memilih daerah dekat stasiun Interlaken West karena harga akomodasi disini lebih murah daripada sekitar stasiun Interlaken OST. sedangkan jarak tempuh Interlaken West dan OST kurang dari 5 menit menggunakan kereta, gratis pula bukan saja karena kita mempunyai Eurail pass, tapi seandainya tidak punya pun transportasi bus dan kereta di Interlaken semua gratis menggunakan kartu visitor yang dikasih oleh hostel saat kita check-in.

Staubbach Falls
Staubbach Falls

Keputusan memilih Interlaken West tidak salah, disini kita memilih Alplodge yang merupakan hostel terbaik kita selama trip di Eropa, baca reviewnya disini. Karena sudah larut malam, kita mencari camilan di minimart dekat hostel kemudian tidur malam. Keesokan harinya setelah sarapan pagi di hostel (sudah termasuk di harga kamar) maka kita menuju stasiun Interlaken West untuk menuju Lauterbrunnen dan Murren. Sesampai di stasiun kereta, beberapa teman mengutarakan keinginan untuk ke Jungfraujoch. padahal Jungfraujoch tidak masuk itinerary karena harga tiket kereta kesini mahal sekali, sekalipun dengan diskon dari Eurail Global Pass, harganya masih sekitar 2,2jt pp

Selain harganya mahal, menurut beberapa teman yang pernah ke Jungfraujoch itu yang bagus adalah perjalanannya sedangkan di Jungfraujoch sendiri yah cuma putih salju gitu aja. Karena itu saya mempersilakan teman2 yg lain buat ke Jungfraujoch sedangkan saya tetap ke Lauterbrunnen dan Murren. Tetapi teman2 sepakat untuk menanggung biaya tiket kereta saya, cuma saya gak enak karena harganya mahal dan memang kurang suka ama salju. Akhirnya semua sepakat untuk pergi ke Lauterbrunnen dan Murren seperti rencana semula. Kita pun beli tiket kereta ke Lauterbrunnen dengan menunjukkan Eurail Global Pass kita dan mendapatkan diskon 25%, harganya saya tidak ingat tapi tidak mahal kok. Harap diingat Eurail Pass tidak berlaku untuk scenic train, jadi jika tidak beli tiket kereta, hanya mengandalkan Eurail Pass maka akan didenda.

Murrren
Murrren

Sesampai di Lauterbrunnen, kita jalan kaki santai menuju Staubbach Falls kemudian kita kembali ke stasiun Lauterbrunnen untuk membeli tiket ke Murren yang terdiri dari tiket terusan cable car dan kereta, dengan menunjukkan Eurail Global Pass kita untuk diskon 25%. Maaf harganya juga tidak ingat he he. Pertama kita naik cable car dulu kemudian dilanjutkan naik kereta untuk mencapai Murren.

Keputusan untuk tetap pergi ke Lauterbrunnen dan Murren adalah keputusan yang tepat. Tempat ini indah sekali dan biaya nya jauh lebih murah dibandingkan ke Jungfraujoch. Di Murren kita jalan2 mengitari desa ini yang sepi sekali. Setelah puas kita kembali ke Interlaken, dan sempat jalan2 sebentar di sekitar Interlaken OST, memborong coklat di salah satu supermarket karena harganya yang murah dan ukurannya yang besar. Keputusan yang salah, karena coklat2 ini membuat koper sangat berat sedangkan trip kita masih lama.

Murrren
Murrren

 

 

Murrren
Murrren
Murrren
Murrren
Murrren
Murrren