Itinerary Liburan Murah ke Chiang Mai, Chiang Rai, Krabi, Bangkok

Senang rasanya mendapatkan promo free seat AirAsia Surabaya – Bangkok pp hanya seharga 525rb buat 28 September – 5 October. Celakanya per 1 Agustus 2016 AirAsia kembali menutup rute Surabaya – Bangkok, maka saya segera meluncur ke kantor AirAsia Surabaya di Tunjungan Plasa 1 dan meminta reroute via Jakarta, permintaan reroute dikabulkan. Rute tiket saya menjadi Surabaya-Jakarta-Bangkok pp membuat perjalanan semakin panjang.

Bubhing Palace, Chiang Mai
Bhuhing Palace, Chiang Mai

27 September 2016 Malang – Sidoarjo

Karena teman males berangkat pagi2 dari Malang ke Juanda, maka memutuskan menginap di Hotel Sinar 3 didekat Juanda Terminal 2, hanya berjarak 5 menit berkendara, Harga per malam dari Agoda 255rb, lebih murah drpd langsung booking ke hotel seharga 320rb. Hotel ini menyediakan fasilitas pengantaran ke Juanda gratis. Kebersihan kamar lumayan lah, AC dingin dan air panas lancar.

Malam hari mulai tragedi mencet2 terserang diare karena makanan yang tidak cocok, makanan tersebut dibawakan teman dari Malang. Sudah minum obat diare dengan harapan besok sudah sembuh. Karena juga mengalami demam maka semalaman tidak bisa tidur.

 Wat Phra That Doi Suthep
Wat Phra That Doi Suthep, Chiang Mai

28 September 2016 Surabaya (Sidoarjo tepatnya) – Jakarta – Bangkok

Bangun pagi hari dengan badan terasa lemas akibat diare dan demam. Jam 6 pagi kita naik shuttle gratis dari hotel menuju Juanda Terminal 2 dan bertemu dengan beberapa teman dari Surabaya. Sementara menunggu pesawat ke Jakarta, salah seorang teman ambien nya mulai kambuh. Tapi kita tetap terbang menuju Jakarta. Sesampai di Soekarno-Hatta, Jakarta karena jeda penerbangan sekitar 6 jam, kita memutuskan makan di daerah Pluit. Selesai makan siang maka kembali menuju bandara Soekarno-Hatta dan teman yang ambiennya kambuh memutuskan batal melanjutkan perjalanan dan terbang pulang ke Malang. Di bandara Soekarno-Hatta kita bertemu dengan beberapa teman dari Jakarta. Sekitar jam 15 kita pun terbang menuju Bangkok. Sesampai di bandara Don Muang Bangkok, beberapa teman membeli kartu SIM telepon terlebih dahulu, kemudian kita menghubungi van yg telah disewa sebelumnya. Dan van mengantarkan kita ke Linkcorner Hostel. Hostel ini lokasinya sangat strategis di daerah Pratunam di seberang BTS Ratchaprarop. Kamarnya nyaman dan bersih demikian pula dengan kamar mandi. Free wifi termasuk kencang, sayang hostel ini tidak dilengkapi dengan lift padahal kamar kita di lantai 4. Malam ini kita mencari makan di sekitar hostel.

 Wat Phra That Doi Suthep
Wat Phra That Doi Suthep, Chiang Mai

29 September 2016 Bangkok – Chiang Mai

Jam 8 pagi van sewa’an datang untuk mengantarkan kita menuju Don Muang Airport untuk penerbangan kita ke Chiang Mai. Sekitar jam 12 kita pun mendarat di Chiang Mai airport dimana van sewa’an telah menunggu. Kita terlebih dulu makan siang di salah satu restoran didekat airport kemudian langsung menuju Bhubing Palace, sekitar 45 menit berkendara. Harga tiket masuk Bhubing Palace THB 50 untuk turis asing, kita wajib memakai pakaian yg memenuhi standar yg telah ditetapkan, jika ternyata pakaian kita tidak sesuai standar maka kita bisa menyewa celana/kain didekat pintu masuk. Daya tarik utama Bhubing Palace adalah taman2 nya yg dipenuhi berbagai bunga. Sedangkan istananya sendiri kecil dan kita tidak bisa masuk. Perjalanan selanjutnya menuju Wat Phra That Doi Suthep dengan harga tiket masuk THB 30 untuk turis asing plus THB 20 jika naik keatas menggunakan lift. Jika naik tangga manual sebanyak 306 anak tangga tentu tidak perlu membeli tiket lift. Kuil ini sangat indah dengan dominasi warna keemasaan. Selesai menjelajah Wat Phra That Doi Suthep maka kita menuju kota Chiang Mai dengan mampir dulu di Chiang Mai View Point. Kita langsung menuju Thaphae Garden Guesthouse yg lokasinya sangat strategis. Hotel kecil ini dilengkapi dengan kolam renang. Hanya seharga 283rb semalam kita sudah dapat kamar yg nyaman dan bersih serta berAC. Tersedia pula kamar yg lebih murah dg kipas angin. Tak lama kemudian salah seorang teman yg langsung berangkat dari Kuala Lumpur – Chiang Mai tiba di hotel. Dan kita pun menuju ke Night Market untuk makan malam sambil melihat lihat toko / konter menjual berbagai barang

30 September 2016 Chiang Mai – Chiang Rai

Wat Rong Kuhn, Chiang Mai
Wat Rong Kuhn, Chiang Rai

Pagi ini kita akan menempuh perjalanan cukup jauh selama 3,5 jam menuju Chiang Rai. Sebenarnya AirAsia punya penerbangan ke Chiang Rai tapi karena waktu itu tidak promo jadi kita belinya pp Chiang Mai. Sebaiknya beli datang Chiang Mai pulang Chiang Rai sehingga menghindari perjalanan pp Chiang Mai – Chiang Rai yg memakan waktu 7 jam pp. Dalam perjalanan ke Chiang Rai kita mampir dulu buat makan pagi dan mampir sebentar untuk makan ketan dan es mangga. Sekitar jam 12 kita tiba di The White Temple (Wat Rong Kuhn), karena bertepatan dengan jam istirahat siang jadi kita tida bisa masuk. Kita ngafe dulu disekitar situ apalagi cuaca di Chiang Rai sangat panas, tepat jam 13 pintu Wat Rong Kuhn pun dibuka karena hari itu adalah hari jumat maka tidak perlu membeli tiket masuk alias gratis. Selain hari jumat maka dikenakan tiket masuk THB 50. Selesai dari Wat Rong Kuhn, kita menuju ke Long Neck Karen Village sekitar 45 menit dari Wat Rong Kuhn. Tiket masuk Long Neck Karen Village ini termasuk mahal yaitu THB 500, hanya buat foto2 dengan wanita2 berleher panjang. Terlalu mahal kalo menurut saya. Selesai dari sini kita menuju Golden Triangle dimana dari sini kita bisa langsung melihat perbatasan 3 negara yaitu Thailand, Laos dan Myanmar. Setelah dari Golden Triangle, kita kembali ke Chiang Mai.

Wat Rong Kuhn, Chiang Mai
Wat Rong Kuhn, Chiang Rai

1 October 2016 Chiang Mai

Hari ini kita akan menuju taman nasional yaitu Doi Inthanon National Park sekitar 2 jam berkendara dari Chiang Mai. Harga tiket masuk taman nasional ini THB 300 untuk turis asing. Ada banyak spot yang bisa dikunjungi disini. Beberapa yang kita datangi adalah:

  • Watchiritharn waterfall
  • Siritharn Waterfall
  • Royal Pagodas
  • Hill tribe market
  • Royal project

Hari ini terganggu hujan yang sesekali turun. Kita menjelajah Doi Inthanon National Park sampai sore, sesudah itu kita kembali ke Chiang Mai dan mendatangi Saturday and Sunday Night Market. Pasar malam yang hanya ada hari Sabtu dan Minggu ini sangat luas sekali.

Long Neck Karen Village, Chiang Rai
Long Neck Karen Village, Chiang Rai

2 October 2016 Chiang Mai – Krabi

Akhirnya setelah beberapa hari menderita diare, demam dan badan lemas, pagi ini sudah sembuh total. Setelah check out dari hotel, kita sarapan dulu dan kemudian menuju Muang Mai market yg merupakan pasar tradisional dimana banyak penjual durian dengan harga murah tapi karena masih pagi dan baru sarapan maka teman2 tidak selera untuk makan durian, saya sendiri membeli anggur dan srikaya besar. Srikaya nya enak banget loh. Kemudian kita menuju Royal Park Rajapruek yang berlokasi dekat bandara Chiang Mai dengan tiket masuk THB 100. Taman ini sangat luas, sayang waktu berbunga telah lewat 1 bulan, tapi tetap menarik untuk dikunjungi, banyak bangunan2 khas berbagai negara. Untuk menjelajah taman yg sangat luas ini, rasanya tidak bisa dengan jalan kaki, kita memilih naik tram dengan membayar THB 20 bebas naik turun dimana saja berkali-kali.

Setelah dari Royal Park Rajapruek, kita makan siang kemudian menuju bandara Chiang Mai untuk penerbangan ke Krabi. Sekitar jam 18.30 kita tiba di bandara Krabi dimana van yg kita sewa sudah menunggu untuk mengantarkan kita ke The Dream Garden Hotel yg berada di daerah Ao Nang. Sesampai di hotel kita membeli dulu paket Hong Island tour dengan harga THB 600 di receptionist hotel, harga ini termasuk murah, karena di luaran, termurah THB 700. The Dream Garden sendiri lokasinya sangat strategis, diseberang McD dan 7-11 serta Starbucks, jalan kaki ke pantai hanya 5 menit saja

Golden Triangle, Chiang Rai
Golden Triangle, Chiang Rai

3 October 2016 Krabi

Hari ini kita mengikuti Hong Island tour. Kita dijemput di hotel sekitar jam 08.30 kemudian diantar menuju tempat keberangkatan speed boat. Pertama kalo yg kita tuju adalah Hong Island, sewaktu memasuki daerah ini kita diminta membayar National Park Fee sebesar THB 300. Di Hong Island kita dikasih waktu untuk snorkling dan berenang lumayan lama sekaligus makan siang yg sudah termasuk dalam paket disajikan disini. Berikutnya kita dibawa mengitari Hong’s Island Lagoon, dan kemudian ke Lading Island untuk berenang dan snorkling dan terakhir ke Pakbia Island kembali untuk berenang dan snorkling serta disajikan kue dan buah sebagai snack. Sekitar jam 15.00an kita sudah sampai di hotel, karena hujan kita memutuskan untuk istirahat di hotel sampai jam 17,00an, kemudian kita berkeliling Ao Nang, melihat2 berbagai toko souvernir dan menikmati street food sambil makan malam juga

4 October 2016 Krabi – Bangkok

Setelah sarapan pagi di dekat hotel, jam 08.30 kita check out dan menuju bandara guna penerbangan ke Bangkok jam 10.30. Sekitar jam 12.00 kita tiba di Bangkok dimana van yg kita sewa telah menunggu. Langsung kita menuju Platinum mall buat belanja dan makan siang. Jam 16.00 kita menuju Chocolate Ville, disini kita hanya berfoto2 saja sampai jam 18.00 kemudian kita menuju Cafe G, Holiday Inn Chit Lom untuk buffet dinner seharga THB 400, buffet dinner disini termasuk salah 1 top 10 best value buffet dinner di Bangkok. Setelah kenyang buffet dinner di Cafe G, kita pun menuju Solo Express Hotel, emang lokasinya kurang strategis tapi tidak masalah karena kita sewa van. Alasan memilih Solo Express Hotel ini karena sedang ada diskon 50% jadi per malamnya hanya 300rb sekamar atau 150rb saja per orang, beda sedikit dengan kamar di hostel, itu pun harga Solo Express Hotel sudah termasuk sarapan pagi. Setelah check in, ternyata memang Solo Express Hotel ini merupakah hotel terbaik di trip kita kali ini

Doi
Doi Inthanon National Park, Chiang Mai

5 October 2016 Bangkok – Jakarta

Setelah sarapan pagi di hotel, kami pun check out dan menuju Pickadaily, the English Style Daily Arcade. Disini kita foto2 dengan berbagai bangunan khas Eropa. Selesai foto2 kita menuju tempat makan es krim ukuran besar di Bangkok yang ternyata tempat nya telah tutup permanen. Buat mengobati kekecewaan kita menuju MBK untuk belanja dan makan siang. Sek

Ao Nang, Krabi
Ao Nang, Krabi
Chocolate Ville. Bangkok
Chocolate Ville. Bangkok
Chocolate Ville. Bangkok
Chocolate Ville. Bangkok
Chocolate Ville. Bangkok
Chocolate Ville. Bangkok
Pickadaily, Bangkok
Pickadaily, Bangkok
Pickadaily, Bangkok
Pickadaily, Bangkok

itar jam 15.00 kita pun menuju Bandara Don Muang buat penerbangan ke Indonesia.

Royal Park Rajapruek, Chiang Mai
Royal Park Rajapruek, Chiang Mai
Srikaya Thailand
Srikaya Thailand
Hong Island Tour
Hong Island Tour

2 thoughts on “Itinerary Liburan Murah ke Chiang Mai, Chiang Rai, Krabi, Bangkok

Comments are closed.