Itinerary Liburan Murah ke Amerika dan Canada

Itinerary Liburan Murah ke Amerika dan Canada

Amerika West Coast & East Coast

Perjalanan Itinerary Liburan Murah ke Amerika dan Canada kali ini menggunakan maskapai China Southern Airlines dengan harga tiket 7,9 jt Kuala Lumpur – Los Angeles + New York – Singapore, yang dibeli 6 bulan sebelumnya. Ironis nya H-3 bln harga tiket malah turun menjadi 7,3 jt, tapi H-2 bln harganya malah naik banyak menjadi 10jt (sedikit terhibur hehe). Sedikit tentang China Southern karena maskapai ini dan juga Saudi Arabian lagi nge-hit buat perjalanan ke Amerika karena harga tiket nya yg murah:

  • Ruang kaki sama saja lebarnya dengan maskapai full service lainnya
  • Kebersihan pesawat termasuk toilet sangat memuaskan, karena banyak teman2 yg ngeri mendengar cerita kejorokan toilet di China tapi di pesawat China Airlines bersih termasuk toiletnya juga gak kalah bersih dibandingkan maskapai full service lainnya
  • Makanan, selama penerbangan ke dan dari Amerika, saya mendapat 7 x makan dan sama sekali gak ada pilihan menu babi, hanya ayam, sapi dan ikan. Kita juga bisa memilih menu vegetarian
  • Kekurangan yang saya rasakan adalah tidak tersedia snack/camilan selama penerbangan padahal saya suka ngemil hehe
  • Buat yg memilih penerbangan lanjutan 8-48 jam saat transit di Guangzhou maka tersedia akomodasi gratis hotel bintang 4 buat kelas ekonomi atau hotel bintang 5 buat kelas bisnis. Karena saya sudah 3x ke Guangzhou dan udah puas jalan2 di Guangzhou sampai ke pinggiran2nya juga, tentunya transit lama, tidak menarik buat saya. Kalo mau memanfaatkan opsi ini sebaiknya saat penerbangan berangkat karena saat penerbangan pulang pasti udah capek dan akhirnya gak jalan2 di Guangzhou tapi tidur doank di hotel hehe
  • Link free accomodation : http://www.csair.com/en/tourguide/transit_flow/transfers_hub/free_accommodations/
Itinerary Liburan Murah ke Amerika dan Canada
Walt Disney Concert Hall, Los Angeles

Selasa 12 April 2016: Malang – Surabaya – Kuala Lumpur

Karena flight murahnya malam jadi saya memutuskan berangkat semalam sebelumnya dan menginap semalam di KLIA2, sebenarnya bisa berangkat tgl 13 pagi tapi harga tiket AirAsia 3x lipat disamping pula jika berangkat penerbangan pertama, belum ada shuttle Malang-Juanda jadi terpaksa sewa mobil membuat biaya menjadi mahal. Sehingga terbang malam sebelumnya plus menginap 1 malam di Capsule by Container menjadi pilihan yang jauh lebih murah.

The Board Museum, Los Angeles
The Board Museum, Los Angeles

Rabu 13 April 2016: Kuala Lumpur – Guangzhou – Los Angeles

Pagi2 salah seorang teman dari Jakarta chat mengabarkan mereka (3 orang) akan segera boarding pesawat AirAsia CGK-KUL dan janjian untuk bertemu di Wendy’s sekitar jam 9, saya pun melanjutkan tidur. Selesai mandi jam 8, ada telpon masuk melalui Whatapps, aku pikir teman2 dari Jakarta sudah landing, tapi heran juga karena baru jam 8. Ternyata mereka mengabarkan kalo pesawat mereka return to base karena ada masalah dengan pesawat. Kemudian ganti pesawat lain buat ke KL, jeda flight AirAsia dan China Southern adalah 4 jam, sebenarnya sangat cukup sekalipun ada delay 1-2 jam, tapi karena mereka baru terbang lagi ke KL jam 10 yang berarti telat 3,5 jam, akhirnya ketinggalan flight China Southern, ditambah lagi tidak ada bantuan sama sekali dari AirAsia ketika mendarat di KLIA2, guna mempercepat proses perpindahan ke KLIA. Maka saya terbang ke Guangzhou sendirian, dan di Baiyun International Airport Guangzhou bertemu dengan 3 teman dari Jakarta (teman yang berbeda) yang membeli tiketnya Jakarta-Los Angeles dan bersama2 kita terbang menuju Los Angeles.

Walk of Fame, Hollywood, Los Angeles
Walk of Fame, Hollywood, Los Angeles

Sementara 3 teman yang ketinggalan pesawat China Southern akhirnya memutuskan membeli tiket China Eastern pp. Kenapa pp? Karena tiket maskapai full board beda dengan maskapai budget / low cost, jika salah 1 sektor tidak dipakai, maka sektor selanjutnya langsung hangus, dalam hal ini teman2 tidak memakai Kuala Lumpur – Guangzhou maka sektor / penerbangan setelah itu langsung hangus. Berbeda halnya jika kita beli tiket AirAsia, seandainya penerbangan berangkat tidak kita pakai maka penerbangan pulang masih bisa kita pakai, untuk maskapai full service maka tiket pulangnya hangus jika penerbangan berangkat tidak dipakai.

Pesawat mendarat di Los Angeles International Airport sekitar jam 18.40 setelah melewati imigrasi dan mengambil bagasi maka kita mencari konter Super Shuttle. Sebenarnya dari airport ke kota bisa naik bus dilanjutkan metro/subway seharga USD 8 tetapi teman2 minta naik shuttle agar bisa cepat sampai hostel dan beristirahat karena capek dari penerbangan panjang. Harga Super Shuttle private van setelah dibagi 7 orang sekitar USD 12, sementara jika shared van, lebih mahal yaitu seorang USD 16. Sekitar 1 jam kemudian kita tiba di Walk of Fame Hostel di district Hollywood, setelah check in dan mandi serta bertemu dengan salah 1 teman yang lebih dulu tiba karena memakai maskapai yang berbeda, kita makan malam dulu di In and Out Burger. Selanjutnya foto2 sebentar di Walk of Fame yg merupakan kawasan paling happening di Los Angeles, setelah itu kita pun istirahat tidur malam.

Walk of Fame, Hollywood, Los Angeles
Walk of Fame, Hollywood, Los Angeles

Kamis 14 April 2016: Los Angeles

Pagi ini kita jalan2 di Walk of Fame, banyak spot foto disini antara lain TCL Chinese Teathre, Hard Rock Cafe, Madam Tussaud, dll. Kemudian kita menuju kantor T-Mobile, lumayan jauh sekitar 4 blok dari Walk of Fame. Di daerah kantor T-Mobile juga ada kantor AT&T yang katanya coveragenya lebih bagus dari T-Mobile tapi paket yg harga sama kouta data nya cuma 2Gb sedangkan T-Mobile 3Gb jadi kita putuskan beli T-Mobile seharga USD 43 net (paket termurah): unlimited call to US number, unlimited text to US number dan unlimited data dg fair usage 3Gb, selama 1 bln. Di US bukan pake sistem pulsa seperti Indonesia tapi sistem paket, kita beli paket yg mana maka dapatnya unlimited call/sms/data, masa paket adalah 1 bln. Perbedaan masing2 paket bisa ditanyakan ke operator yang bersangkutan, contohnya paket termurah T-Mobile tidak bisa buat Hotspot.

Kemudian kita membuat akun Uber dengan nomer US ini dan saling claim kode promosi satu sama lain, total kita dapat credit USD 200 buat free ride 🙂 Selanjutkan dg UberX kita menuju Rodeo Drive dan Robertson Boulevard tempatnya toko2 branded dan mahal di Los Angeles. Kemudian menuju Walt Disney Concert Hall dan The Broad Museum, kalo liat antrian masuk The Broad Museum panjang, jangan mundur, ikut antri aja karena The Broad Museum bagus. Selanjutnya kita menuju Venice Beach yg lumayan jauh dari downtown LA, sebenarnya setelah Venice Beach masih ada itinerary ke Santa Monica Pier tapi karena teman2 masih jetlag kecapekan maka memutuskan kembali ke hostel. Kita sampai di hostel berbarengan dengan 3 teman yang ketinggalan China Southern, maka lengkap lah group kita, semua 8 orang sudah sampai di Los Angeles. Setelah makan malam di salah satu Chinese Food di daerah Walk of Fame, kita pun istirahat

Paramount Picture Studio Tour
Paramount Picture Studio Tour

Jumat 15 April 2016: Los Angeles

Setelah sarapan pagi di Walk of Fame Hostel maka kita menuju ke Paramount Picture Studio Tour, awalnya sempat ragu mau kesini karena harga tiketnya cukup mahal yaitu USD 50 (harus book online) ternyata ini adalah atraksi Los Angeles yang terbagus menurut kita. Disini kita melihat tempat2 syutting film2 maupun serial TV, ada blok2 kota gitu, pokoknya keren banget. Setelah selesai, kita menuju El Puelbo de Los Angeles di dekat Union Station dengan menggunakan metro sekalian cek tempat berkumpul untuk besok di Chinatown sekalian kita makan siang di Chinatown, seperti biasa Chinese Food yg murah dan porsi banyak banget bisa buat 2-3 orang.

Kemudian kita menuju The Getty Center, setelah itu kembali ke hostel buat jalan2 di Walk of Fame lagi sekalian masuk ke Hard Rock Cafe yang kemarin ditutup karena ada private event. Kita juga belanja berbagai souvenir disini.

Welcome to Fabulous Las Vegas
Welcome to Fabulous Las Vegas

Sabtu 16 April 2016: Los Angeles – Las Vegas

Pagi2 kita check out dari Walk of Fame Hostel dan menuju tempat berkumpul tour ke Las Vegas yang kita pesan lewat Tours4fun. Ternyata kita dapat tour operator: Seagull Holiday yang profesional dan terbuka. Di tengah jalan kita dikasih selembaran sehingga kita bisa memilih mau ikut optional mana saja, Sama sekali tidak dipaksa untuk mengambil optional tour, kita hanya mengambil optional buffet yg menurut kita memang murah hanya USD 9.9, seandainya kita tidak beli lewat tour maka harga buffetnya USD 14.9

Sekitar jam 14 kita sampai di Circus Circus Hotel karena beberapa teman masih capek dan ada yang gak fit, jadi kita istirahat dulu di hotel dan baru keluar sekitar jam 17. Setelah tanya ke bagian informasi hotel, lokasi name sign Welcome to Fabulous Las Vegas maka kita beli tiket bus RTC yg haltenya ada didepan hotel seharga USD 8 untuk 24 jam unlimited ride. Maka kita pergi ke Welcome to Fabulous Las Vegas yang sekitar 200 m dari Mandalay Hotel, kemudian makan malam di Panda Express dekat situ, Panda Express ini adalah fast food chain jadi gampang dijumpai di US, menu Shanghai Angus Steak dan Pacific Chili Shrimp nya juara, selain gak mahal juga porsinya banyakkk banget, highly recommended deh.

Eiffel Tower, Las Vegas
Eiffel Tower, Las Vegas

Kemudian kita jalan2 sepanjang strip sambil foto2 di depan hotel2 terkenal dan belanja souvernir. Sebenarnya masing2 hotel punya keunikan tersendiri, seperti Circus Circus hotel punya pertunjukan Circus setiap jam. Jadi harusnya kita masuk ke hotel2 itu minimal yg terkenal seperti Caesar dan the Venetian buat liat keunikannya, tapi karena keterbatasan waktu kita hanya foto2 didepannya saja. Hotel2 di Las Vegas sangat besar sekali karena di dalam hotel ada mall, indoor themed park dan casino

Minggu 17 April 2016: Las Vegas – Grand Canyon – Hoover Dam

Pagi2 kita berangkat ke Grand Canyon, biasanya tour ke West Rim yang hanya berjarak 2 jam dari Las Vegas tapi berdasarkan research di google, rata2 menyebutkan South Rim lebih indah daripada West Rim dan South Rim masih merupakan national park. Karena itu kita memilih Grand Canyon South Rim yang berjarak sekitar 4.5 jam dari Las Vegas. Selesai dari Grand Canyon maka dalam perjalanan balik ke Las Vegas, kita mampir di Hoover Dam yang sering jadi lokasi syutting film2 box office seperti Transformer, San Andreas, dll,

Kita sampai di Circus Circus hotel sekitar jam 17 dan memutuskan istirahat sebentar kemudian menonton pertunjukan circus yg ada setiap jam tapi hanya 1 aktraksi sekitar 5 menit, atraksinya berbeda2 setiap jam. Karena malas keluar hotel jadi kita memutuskan makan malam buffet di hotel seharga USD 16, sangat OK mengingat sekali makan di McD aja sudah sekitar USD 10. Setelah makan malam, beberapa teman memutuskan mencoba peruntungan di meja judi (ada teman yg untung dan ada teman yg rugi) sedangkan saya memutuskan untuk tidur.

Grand Canyon - South Rim, Arizona
Grand Canyon – South Rim

Senin 18 April 2016: Las Vegas – Chocolate Factory – Barstow – Los Angeles

Setelah check out maka kita menuju Chocolate Factory, tidak ada yg menarik disini, mereka punya kebun cactus. Selanjutnya kita brunch buffet di Las Vegas buffet seharga USD 9.9 dan dilanjutkan ke Barstow Premium Outlet, karena kita ikut tour jadi kita dapat sticker tambahan diskon 10%, disini teman2 kalap membeli berbagai barang yang harganya memang jauh lebih murah daripada di Indonesia, bisa diskon 70-80% dari harga Indonesia, waktu 2 jam yang diberikan oleh tour leader terasa sangat kurang sekali. Karena saya sendiri gak deman shopping jadi hanya membelikan titipan salah 1 teman dan melihat teman2 lain yg kalap belanja

Sekitar jam 18 kita di drop di Chinatown Los Angeles dan dari sana kita naik metro/subway

Hoover Dam, Nevada
Hoover Dam, Nevada

menuju Walk of Fame hostel menggunakan line merah dan turun di Hollywood/Highland station yang tepat berada di seberang Walk of Fame hostel. Malam hari kita habiskan dengan jalan2 serta makan ice cream di Walk of Fame

Selasa 19 April 2016: Los Angeles – Santa Barbara – 17 Mile Drive

Pagi2 kita menuju tempat kumpul tour yaitu Union Station dengan menggunakan metro/subway. Kali ini dapat operator West Coast, lumayan OK cuma gak menjelaskan optional tour secara terbuka, jadi TL (Tour Leader) nya bilang bahwa paket yg kita bayarkan hanya mencover perjalanan antar kota dan hotel, trus buat tournya sendiri harus bayar, dan dia minta peserta bayar USD 103, yg aku tolak mentah2 karena gak rencana ambil optional tour. Pertama dia minta kita harus ambil minimal 1 optional tour trus aku bilang apa beda nya optional ama mandatory kalo optional diharuskan. Akhinrnya TL nya gak berani maksa, setelah berbagai pertimbangan kita ambil optional city tour San Francisco, karena setelah tour itu langsung menuju kota lain jadi repot kalo kita misah.

Santa Barbara from City Hall
Santa Barbara from City Hall

Hari ini kita mampir ke kota cantik yaitu Santa Barbara, kita ke City Hall nya, setelah itu kita mampir cukup lama di 17 Mile Drive karena banyak titik2 yang dikunjungi. 17 Mile Drive adalah tempat berisi rumah2 liburan orang kaya dan lapangan2 golf serta pantai. Malam ini menginap di Motel Super 8 di Salinas, kebetulan pengen banget ngerasakan nginep di motel yang kayak di film2 dan akhirnya keturutan. Layout dan suasananya memang kayak motel di film2 tapi kualitas dan fasilitas kamarnya setara hotel bintang 3.

Rabu 20 April 2016: San Francisco

Pagi hari mengunjungi Stanford University setelah itu kita naik SF cable car (obyek wisata utama SF) dan mengunjungi Lombart Street jalanan menarik di SF sayang waktu di Lombart Street kurang lama. Setelah itu sementara rombongan tour ikut optional San Francisco bay cruise, kita menghabiskan waktu di Pier 39, Fisherman’s Wharf (obyek wisata utama SF)  yg merupakan tempat hang out terkanal di SF, ada hardrock cafe dan outlet2 terkenal disini. Selesai San Francisco bay cruise, kita mengunjungi: The Palace of Fine Arts yang sering dibuat lokasi syuting fillm/serial TV jadi wajib mampir kesini, Golden Gate Bridge (obyek wisata utama SF), The Cathedral of Saint Mary of the Assumption, Twin Peaks (untuk melihat panaroma SF) dan City Hall. 3 obyek wisata utama telah dicover oleh tour dan diberikan free time yang cukup di obyek2 ituu. 1 lagi obyek utama SF yaitu Alcatraz Island akan kita kunjungi secara mandiri, besok lusa.

17 Mile Drive
17 Mile Drive

Kamis 21 April 2016: Yosemite National Park – San Francisco

Pagi hari tour menuju Yosemite National Park setelah mengunjungi 2 titik, kita pun berpisah dengan tour (tidak ikut balik ke Los Angeles). Di Yosemite waktu yg diberikan tour sangat kurang sekali karena hanya sekitar 2 jam tapi berhubung kita berpisah dengan tour, kita ada waktu sekitar 3 jam lagi untuk menjelajah Yosemite National Park yang sangat indah ini. Tiket pulang Yosemite – San Francisco sudah kita pesan terlebih dahulu melalui website Amtrak, gabungan tiket bus dan kereta jadi aman seandainya bus telat maka akan ditunggu oleh kereta karena di bus ada pemegang tiket terusan kereta. Bus sekitar 2 jam Yosemite ke Merced train station dan dilanjutkan kereta sekitar 3,5 jam ke Richmond station di SF. Dari Richmond sebetulnya bisa naik BART (public transport SF) menuju Adelaide Hostel tapi karena sudah jam 10 malam maka kita memutuskan naik Uber agar bisa secepatnya sampai di hostel untuk beristirahat

Golden Gate Bridge, San Francisco
Golden Gate Bridge, San Francisco

Jumat 22 April 2016: San Francisco

Setelah sarapan pagi di Adelaide Hostel yang termasuk dalam harga kamar maka kita menuju Pier 33 dengan menggunakan Uber. Pier 33 adalah tempat naik cruise ke Alcatraz Island yang tiket nya sudah kita beli lebih dulu secara online, jangan beli on the spot kemungkinan besar anda tidak mendapatkan tiket karena Alcatraz Island adalah obyek wisata utama SF, bersama2 dengan Golden Gate Bridge, SF cable car dan Fisherman’s Wharf. Kurang lebih 2-3 jam kita menjelajah Alcatraz Island dan penjaranya yang terkenal itu. Selanjutnya kita menuju Coit Tower yg merupakan bangunan tertinggi di SF tapi ternyata kita harus jalan mendaki lumayan akhirnya memutuskan untuk foto2 dari bawah saja. Karena saat ikut tour di Lombart Street waktunya kurang maka kita memutuskan untuk kembali kesana dan foto2 sampai puas dan diterusakan jalan kaki ke Chinatown untuk berbelanja souvenir. Setelah itu kembali ke hostel untuk berkemas dan jam 17 kita berangkat ke San Francisco Airport untuk penerbangan ke New York.

Yosemite National Park
Yosemite National Park

Sabtu 23 April 2016: New York

Sekitar jam 5.45 kita tiba di JFK airport, setelah tukar pakaian, kita naik air train menuju Jamaica station kemudian membeli unlimited ride metro (& bus) USD 32 yang berlaku selama 7 hari dengan perhitungan single journey ticket seharga USD 2.75 sedangkan selama 3 hari menjelajah New York kita akan 15x naik metro (subway) jadi jika pakai SJT akan lebih mahal yaitu total sekitar USD 41. Ternyata metro card unlimited ini juga berlaku di Roosevelt tramway jika kita hemat lebih banyak lagi dengan beli unlimited 7 days walaupun hanya pakai 3 hari.

Pertama kali kita menuju International Students Residence di Brooklyn yg lokasinya hanya 2-3 menit jalan kaki dari stasiun metro Marcy Av. Setelah menitipkan koper kita menjelajah New York City, karena ini kunjungan saya yg ke 2 jadi saya ke tempat2 yang tidak sempat saya kunjungi sebelum dan tentu saja beberapa tempat dikunjungi ulang karena teman2 yang lain belum pernah. Pertama kita menuju Washington Square selanjutnya jalan kaki ke Friends apartment (apartment yg exterior nya digunakan untuk syutting Friends TV series), dan ternyata ada 3 teman yg kecapaian karena malam sebelumnya hanya tidur di pesawat. 3 teman memutuskan kembali ke hostel setelah dari Friends apartment untuk beristirahat. Sedangkan saya dan 3 teman lagi lanjut menuju  Schinasi Mansion, yang exterior nya digunakan di White Collar TV series, dilanjutkan dengan Flatiron Building sebuah gedung unik yang sering disyutting film2 terkenal. Kemudian menuju Roosevelt Island sebuah pulau kecil didalam kota New York yang terlekat antara distrik Manhattan dan Queens, kebetulan banyak pohon sakura sedang mekar disini. Terakhir kita menuju Brooklyn Bridge yang terkenal itu dan kita jalan kaki sepanjang Brooklyn Bridge ini, kita berjalan ditengah nya yang ada jalur jalan kaki. Setelah itu kita menuju hostel untuk istirahat.

Alcatraz, San Francisco
Alcatraz, San Francisco

Minggu 24 April 2016: New York

Pagi hari kita menuju Battery Park untuk naik cruise ke Liberty dan Ellis Island. 2014 saya hanya melihat Liberty dari Staten Island Ferry yg gratis, ternyata yg gratis dan bayar memang berbeda. Kali ini kita naik Liberty cruise yg tiketnya sudah dibeli dulu lewat online sehingga kita tidak perlu antri beli tiket tapi langsung antri naik kapal. Di Liberty island kita habiskan waktu 2 jam untuk foto2 dengan patung Liberty sampai puas kemudian dilanjutkan ke Ellis Island yg merupakan pusat imigran dulu kala. Selanjutnya kita ke Chinatown untuk makan siang murah dan berbelanja berbagai souvenir murah. Kemudian ke Times Square yang terkenal sebagai pusat persimpangan jagat raya dan terakhir ke Cooney Island yang sering disyuting di film2. Sesudah itu kembali ke hostel.

Senin 25 April 2016: New York – Niagara US – Niagara Canada

Lombart Street, San Francisco
Lombart Street, San Francisco

Pagi2 kita ke Chinatown untuk berkumpul tour Canada kita, kali ini kita dapat operator L&L travel yg menurut saya operator tour terburuk yg ada di Tours4Fun. TL nya “menipu” peserta tour agar mengambil semua optional seharga USD 382, sedangkan saya anti ditipu jadi hanya ambil 3 optional saja. Harga optional tour nya lebih mahal daripada beli sendiri berbeda dg operator Peony travel yg saya dapatkan di 2014 dimana optionalnya lebih murah drpd kita beli sendiri. Jadi kita hanya ambil lunch di restoran berputar Skylon tower karena kalo pergi sendiri, antriannya panjang, Thousand Islands cruise karena gak mungkin pergi sendiri karena waktunya gak bisa sama dengan tour yg book 1 kapal sendiri, serta Ausable Chasm yg tiketnya hanya berbeda USD 0.5 dengan pergi sendiri, sedangkan tiket2 optional lain bisa lebih mahal USD 2-5 dibanding beli sendiri. Sedangkan teman2 yg belom pernah naik Niagara cruise juga mengambil optional ini. Niagara cruise emang highlight dari Niagara dan cuma beroperasi April – October. L&L travel ini membawa kita ke tempat2 makan yg mahal2 berbeda dg operator2 lain yg membawa ke buffet murah meriah jadi kita mencari tempat makan sendiri yang murah meriah sewaktu ikut L&L travel.

Pertama ke Corning Glass Museum yang kebetulan 2014 sudah pernah masuk jadi kita menghabiskan waktu di foodcourt setelah itu menuju Niagara US side dimana kita dikasih waktu 2 jam buat lunch dan menjelajah Niagara US side kemudian kita menuju ke perbatasan US – Canada dan memasuki Canada dan kita dikasih waktu 1/2 jam buat foto2 di Niagara Canada side sebelum ke hotel.

Selasa 26 April 2016: Niagara Canada – Toronto

Pagi ini kita ke Niagara Falls lagi buat optional Niagara cruise sementara beberapa teman ikut cruise, saya menghabiskan waktu dengan foto2 Niagara Falls dan sekitarnya. Selesai crusie kita menuju Toronto, setiba di Toronto sementara peserta cruise ikut optional Lake Ontario Cruise, kita memutuskan foto2 di dermaga dan sekitarnya. Selanjutnya ke CN tower dan Ripley Aquarium yg 2 ini tiketnya lebih murah kita beli sendiri, tapi berhubung teman2 tidak tertarik memasuki 2 obyek wisata ini kita jalan2 menjelajah kota dan mampir ke Steam Whistle Brewery dan mencoba tester bir gratis. Selanjutnya makan malam buffet seharga USD 30 di Chinatown dimana kita tidak ikut dan mencari makan sendiri di Chinatown sembari belanja souvenir, kita cari makan sendiri cuma habis CAD 7 per orang , Chinese food. Selanjutnya menuju hotel

Friends TV series apartment
Friends TV series apartment

Rabu 27 April 2016: Thousand Islands – Ottawa – Montreal

Pagi2 kita menuju Thousand Islands dimana kita naik cruise menjelajah Thousand Islands yg unik ini penuh dengan pulau kecil2 ada 1 pulau yang pas 1 rumah, ada pulau dengan kastil (Love Island) dan 2 pulau kecil berdekatan yg dihubungkan dengan jembatan, dimana 1 pulau di Canada dan pulau 1-nya lagi di wilayah US. Selesai cruise kita melanjutkan perjalanan ke Ottawa yang merupakan ibukota Canada dan mampir di Parliament House yang halamannya ada Centennial Flame yaitu api diatas air.

Selanjutnya menuju Montreal mengunjungi Olympic Tower dan Biodome kemudian ke Notredame Chruch serta City Hall setelah itu menuju hotel.

Kamis 28 April 2016: Montreal – Ausable Chasm – Albany – New York

Pagi kita meninggalkan Montreal dan menuju perbatasan Canada – US, setelah melewati US border kita menuju Ausable Chasm yang sangat indah, kita trekking disini sekitar 2 jam dan kemudian menuju Albany yg merupakan ibukota state New York untuk makan siang buffet kali ini dengan harga murah USD 12 saja. Dan dilanjutkan ke New York dimana kita didrop di daerah Brooklyn dan kita naik subway/metro menuju Q4 Hostel di Queens. Setelah check in, kita makan malam di Panda Express di Manhattan kemudian mengunjungi Rockefeller Center yang sering masuk di film2 sebelum kembali ke hostel.

Flatiron Building
Flatiron Building

Jumat 29 April 2016: New York

Pagi hari kita menuju Brooklyn Botanical Garden tempat sakura dan tulip bermekaran, jika mau hemat bisa berkunjung hari selasa atau sabtu pagi karena gratis masuk. Taman ini sangat luas tapi karena teman2 gak sabar untuk segera shopping jadi kita hanya ke bagian sakura dan tulip saja. Kemudian dilanjutkan ke Flushing Meadows – Corona Park dimana ada bola dunia raksasa. Dan menuju Queens Mall untuk lunch dan shopping termasuk beli iPhone di Apple Store. Dan terakhir ke Century 21 store di Rego Mall dimana teman2 memborong banyak barang. Saran kalo mau ke Century 21 sebaiknya yang dekat WTC saja karena itu pusatnya jadi lebih lengkap.

Di negara bagian New York ada Woodbury Premium Outlets yang lokasinya 1,5 jam dari kota New York tapi ongkos bus nya kesini saja USD 42 pp cukup mahal kecuali ingin belanja banyak sekali. Bedanya Premium Outlets dan Century 21 adalah koleksi Premium Outlets lebih lengkap karena masing2 brand punya toko/outlet sendiri sedangkan di Century 21 semua brand jadi satu dalam 1 toko besar. Dalam hal harga kurang lebih sama saja. Setelah puas berbelanja maka kita kembali ke hostel untuk packing

Brooklyn Bridge
Brooklyn Bridge

Sabtu 30 April 2016 – Senin 2 Mei 2016: New York – Guangzhou – Singapore – Surabaya – Malang

Jam 7 pagi jemputan super shuttle datang untuk mengantarkan kita ke JFK, kita naik shuttle karena koper bertambah berat juga beranak jadi kalo naik subway/metro kesulitan meskipun lebih murah USD 8. Maka dimulai lah perjalanan panjang ke Malang, Indonesia

 

Semoga itinerary Liburan Murah ke Amerika dan Canada bisa membantu teman-teman untuk mulai merencanakan perjalanan ke Amerika & Canada. Untuk budget bisa dibaca disini: http://turiskere.com/biaya-liburan-murah-ke-amerika-dan-canada

 

 

Liberty Island
Liberty Island
Liberty Island
Liberty Island
Niagara US side
Niagara US side
Niagara US side
Niagara US side
Niagara Canada side
Niagara Canada side
Niagara Canada side
Niagara Canada side
CN Tower Toronto
CN Tower Toronto
Parliament House, Ottawa
Parliament House, Ottawa
Thousands Island
Thousands Island
Notredame, Montreal
Notredame, Montreal
Ausable Chasm, New York state
Ausable Chasm, New York state
Brooklyn Botanical Garden, New York
Brooklyn Botanical Garden, New York
Brooklyn Botanical Garden, New York
Brooklyn Botanical Garden, New York
Flushing Meadows - Corona Park, New York
Flushing Meadows – Corona Park, New York

 

 

 

16 thoughts on “Itinerary Liburan Murah ke Amerika dan Canada

  1. Menarik dan informatif sekali ulasannya. Andreas, apa ada sumber atau link khusus yang Andreas gunakan untuk perjalanan ke Amerika ini? Karena bagi pemula, Amerika sepertinya susah terutama bahasa karena inggris kami pas pasan😀😁😂

  2. Asik sekali perjalanannya Pak.
    Kalau itinerary serupa dijalankan anak umur 5 tahun, kira2 dia kuat gak ya Pak?
    Terima kasih 🙂

    1. Dikurangi aja bagian2 jalan mandiri terutama di New York, itu agak berat buat balita. Kalo yg pas ikut tour harusnya gak masalah 🙂

  3. Pak, utk penerbangan ke Canada dgn menggunakan pesawat China Southern dimana pesawat harus transit di Guangzho dan penerbangan lanjutan baru akan dilakukan esok hari (transit > 12 jam).
    Sesuai informasi di website, penumpang dapat akomodasi berupa hotel dan shuttle pp ya?

    Hotelnya diluar bandara atau di dalam bandara ya pak?

    Apakah jika ingin bermalam di hotel yang di- provide oleh maskapai kita harus punya visa china pak?

    Untuk bagasi yang kita bawa bagaimana yaa pak?

    Mohon informasinya ya,krn sy rencana ske Canada menggunakan pswt China Southern.

    Terima kasih.

    1. Karena saya belum pernah pakai hotel transit dr China Southern Airlines Jadi sebaiknya langsung ditanyakan ke maskapai ybs biar lebih pasti jawabannya

  4. Pak saya kepengen bener ke amerika backpackeran,bisa gak minta contact person nya.. saya minta diaturin schedule dll? Jd mksdnya saya kan gak ngerti apa2 nih.. saya mau *beli* tour nya..
    Atau bs gak wa saya di 081377747774
    Makasih byk

    1. Hai indah salam kenal kamu berniatan backacker an amrik sama aku juga rencana taun ini..join yuk hub aku ya 085546193336 maya ditunggu ya thx

  5. Sy liat di FB ada rencana ke iceland ya, kira kira kapan ya, biasa update open tournya di fb ya ??? Thanks

    1. Iceland belom sih. Rencana Alaska buat liat Aurora. Iya biasa di post di Facebook Andreas Prayoga

Comments are closed.