Grojogan Sewu, little Ubud di Malang

Jembatan gantung menuju Gerojogan Sewu
Jembatan gantung menuju Grojogan Sewu

Grojogan Sewu terletak di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Malang sekitar 18 km dari Kota Batu. Berada di tepi jalan raya Batu – Jombang, di seberang SDN Bendosari (patokannya biar gak kesasar).  Banyak orang mengira Pujon adalah bagian dari Kota Batu padahal sebenarnya bagian dari Kabupaten Malang. Dulu kota Batu bagian dari Malang tapi sejak 2001 Batu membentuk kota sendiri dan terpisah dari Malang lokasi kota Batu sendiri seolah2 membelah Kabupaten Malang, jadi apabila dari Kota Malang kita akan memasuki Kabupaten Malang selanjutnya Kota Batu dan kembali memasuki wilayah Kabupaten Malang.

Air terjun dapat dijangkau hanya berjalan kaki kurang lebih 5 menit dari tepi jalan raya setelah menyebrangi jembatan gantung berwarna merah / ungu muda dan menyusuri tepi sawah. Air terjunnya kecil saja, tidak terlalu istimewa. Pemandangan saat berjalan kaki yang indah, mengingatkan akan Ubud, Bali. Tidak ada tiket masuk untuk tempat wisata ini. Didekat air terjun ada semacam pendopo dan kamar kecil serta ada 1 warung.

Sungai
Sungai
IMG_8488 - Copy
Grojogan Sewu

Selesai dari Grojogan Sewu kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Waduk Selorejo yang berjarak sekitar 20 menit berkendara dari Grojogan Sewu. Tiket masuk Waduk Selorejo ini cukup terjangkau di harga 10rb. Dulu kala saat belum ada wisata Jawa Timur Park, dkk, Waduk Selorejo ini salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan seperti halnya Selecta ataupun Sengkaling. Meskipun tidak banyak pengunjung tapi kondisi Waduk Selorejo ini terjaga dengan baik. Disini kita bisa memancing ataupun naik perahu dengan harga hanya 50rb per perahu. Kurang jelas 1 perahu bisa muat berapa orang karena saat saya datang kondisi gerimis sehingga kita tidak naik perahu.

Sawah
Sawah

Sebenarnya sebelum ke Grojogan Sewu, kita rencana mampir di Coban Rondo tapi karena saat itu mendung tebal sekali maka kita batalkan rencana ke Coban Rondo. Coban Rondo sekarang banyak kemajuan antara lain penambahan fasilitas taman sesat, segway, panahan, flying fox, kebun stoberi, dll.

Waduk Selorejo
Waduk Selorejo

Pada kesempatan kali ini saya menginap di Ciptaniganti Hotel, Jl. Argopuro No 34, Batu, Jawa Timur. Kebetulan dapat promo dari Mister Aladin sebesar 100rb jadi hanya bayar 125rb saja dari harga normal di 225rb di Mister Aladin, weekend dan weekday harga sama. Kamar hotel dilengkapi dengan AC, juga ada kolam renang. Lokasi hotel strategis sekali sekitar 10 menit jalan kaki ke alun2 kota Batu maupun ke Lippo Mall (Batos).

Waduk Selorejo
Waduk Selorejo
Waduk Selorejo
Waduk Selorejo
Ciptaniganti Hotel
Ciptaniganti Hotel
Ciptaniganti Hotel
Ciptaniganti Hotel
Taman Sesat Coban Rondo
Taman Sesat Coban Rondo